Tirtayatra Semeton Umat Renon Denpasar

Swastiastu,

Pada Sabtu Pahing 29 November 2014 Semeton dari Renon Denpasar Bali melaksanakan tirtayatra ke Pura Penataran Luhur Medang Kamulan. Semeton sampai di pura pukul 08.40 WIB diketuai oleh Mangku Yoga Brata menggunakan satu bus. Semeton langsung menuju ke Wantilan Jenggolo dan diterima oleh Ketua Rumah Tangga Pura, Jero Sepuh LMK Kadek Sumanila, pengurus rumah tangga pura dan Umat Hindu Desa Mondoluku.

Semeton Renon

Semeton Renon

Semeton Renon

Semeton Renon

Pada kesempatan tersebut, Jero Sepuh LMK Kadek Sumanila memperkenalkan para pengurus Rumah Tangga pura dan Umat Hindu Mondoluku. Juga disampaikan tentang sejarah pura serta konsep jawa yang sudah diterapkan di pura ini. Juga disampaikan bahwa di pura ini terdapat pelinggih Gedong Lingga Kamulan yang merupakan tempat untuk memuja para Leluhur Tanah Jawa. Jero Sepuh juga mengajak para semeton untuk ngayah pada piodalan yang pertama Pura Penataran Luhur Medang Kamulan ini pada Purnama Kawulu 3 Pebruari 2015.

Jero Sepuh LMK Kadek Sumanila

Jero Sepuh LMK Kadek Sumanila

Kemudian sambutan dari Bapak Swari Widura. Beliau berasal dari Banyuwangi tapi sekarang tinggal di Bali. Beliau sering mengantar para semeton Bali yang metirtayatra ke pura-Pura di Jawa. Beliau sangat senang dengan konsep jawa di pura ini, karena sangat sesuai dengan semangat untuk menyatukan Jawa dan Bali lagi yang mana disebut dengan Konsep Sambung Balung Pisah. Juga dengan simbul warna merah putih yang ada di pura ini sangat sesuai dengan konsep jawa yaitu konsep gula abang. Para pendiri bangsa ini menggunakan bendera merah putih berasal dari konsep tersebut.

Selanjutnya Mangku Yoga Brata menyampaikan sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa Beliau dan rombongan hampir setiap 3 bulan metirtayatra ke pura-pura di Jawa, Lombok dan Sumbawa. Hal ini tujuannya supaya antara Leluhur Jawa dengan Leluhur Bali bisa tetap nyambung, tidak terpisah-pisah. Beliau juga mempunya pasraman yaitu Pasraman Giri Agung Lokananta. Beliau juga mengakui bahwa sebenarnya tidak ada niat ke pura ini tetapi Beliau sering bermimpi didatangi Leluhur untuk tangkil ke pura ini. Akhirnya Beliau mengajak para semeton Beliau untuk metirtayatra pura ini meskipun tidak tahu keberadaan pura ini. Apalagi pada waktu mau ke pura ini, banyak hal yang menghalangani sepeti ada semeton yang ke Kaltim, ada yang sedang melaksanakan upacara dan ada juga yang cuntaka. Tetapi denga tekad bulat, Beliau bersama semeton yang ada berangkat juga untuk metirtayatra ke pura ini. Itung-itung juga refreshing, makanya disamping ke pura ini, rombongan juga metirtayatra ke Pura Margo Wening dan ke Petirtan Suci Jolotundo. Akhirnya setelah sampai di pura ini Beliau merasakan adanya getaran spiritual, apalagi ternyata di pura ini terdapat Gedong Lingga Kamulan yang menstanakan para Leluhur Jawa, jadi Beliau bisa untuk memuja Leluhur Jawa di pura ini.

Jero Sepuh LKM Kadek Sumanila bersama Jero Mangku Yoga Brata (kiri) dan Bapak Swari Widura (kanan)

Jero Sepuh LKM Kadek Sumanila bersama Jero Mangku Yoga Brata (kiri) dan Bapak Swari Widura (kanan)

Jero Sepuh LMK Kadek Sumanila meyerahkan sebuah buku dan proposal kepada Jero Mangku Yoga Brata

Jero Sepuh LMK Kadek Sumanila meyerahkan sebuah buku dan proposal kepada Jero Mangku Yoga Brata

Setelah beristirahat, umat kemudian menuju ke Beji Sumber Kahuripan Sendang Kamulyan untuk melaksanakan penglukatan.

Persembahyangan di Beji

Persembahyangan di Beji

 

Penglukatan

Penglukatan

Penglukatan

Penglukatan

Kemudian umat menuju ke Lingga Yoni, dilanjutkan ke Pelinggih Para Rsi dan kemudian menuju ke Mandala Utama untuk melaksanakan persembahyangan bersama.

Persembahyangan di Mandala Utama

Persembahyangan di Mandala Utama

Sembahyang di Ken Dedes

Sembahyang di Ken Dedes

Foto bersama

Foto bersama

Setelah itu umat kembali ke wantilan untuk makan siang.

Makan Siang

Makan Siang

Memilih oleh-oleh

Memilih oleh-oleh

Setelah itu semeton pamit melanjutkan tirtayatra.

Mengambil rantasan

Mengambil rantasan

Berpamitan

Berpamitan

Om Shanti Shanti Shanti Om

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: